Riam Berawan Surga Kecil Di Kabupaten Bengkayang Yang Eksotis

Hmmm, sahabat Mengenal Bengkayang sudahkah mampir untuk membaca ulasan berikut ini atau sudahkah ke Riam Berawan salah satu riam tertinggi di Kalimantan Barat loh, wah asyik bukan. Kalau menurut teman-teman yang sudah pernah pergi ke sini mereka bilang ini salah satu surga tersembunyi dan sangat eksotis katanya.! Tetapi kalu sahabat udah pernah ke air terjun ini pasti merasakan apa yang dirasakan oleh para sahabat mengenal Bengkayang lainnya, yang pastinya sahabat semua takjup akan keindahan serta bersyukur sudah bisa datang ke sini yang nantinya tidak bakal menyesal jika sudah datang. Nah untuk itulah kita akan membahas berbagai info menarik tentang Riam Berawan Surga kecil di Kabupaten Bengkayang ini dengan keindahannya yang memukau bentangan alamnya yang memesona menjadi daya tarik untuk wisatawan untuk berkunjung ke Riam Berawan ini semoga artikel ini menjadi info atau reverensi untuk sahabat semuanya pada saat berkunjung, selamat membaca.

Riam Berawan

Mari kita cari tahu dimana Riam Berawat'n

Riam Berawat'n atau yang biasanya disebut Riam Berawan agar tidak keseleo pada saat membaca atau menyebutkannya, seperti yang sudah kita bahas tadi Riam Berawan ini merupakan salah satu Riam(Air Terjun) yang tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat dengan ketinggian kurang lebih 75 meter dan Riam Berawan ini berada di wilayah pegunungan sehingga membuat dentumannya semakin mengema di sekitaran lokasi Riam Berawat'n ini.

Sumber mata air dari Riam Berawat'n ini bersumber dari anak sungai Biang lebih tepatnya sungai-sungai di kaki pegunungan Bayang  merupakan wilayah dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih sekitar 160 mdpl dari permukaan laut. Jika sahabat berkunjung sebelum sampai ke kawasan riam ini tentunya pandangan sahabat dimanjakan oleh pemandangan pegunungan yang ada diwilayah Kabupaten Bengkayang tentunya hijau membentang indah dan melewati berbagai jenis perkebunan masyarakat yang ada di Wilayah Kecamatan Seluas.

Menurut cerita dari masyarakat setempat mengapa disebut sebagai Riam Berawat'n. Menurut bahasa dayak bakati Rara Berawat'n merupakan sebutan untuk Emas nah apa sih yang mendasarkan mengapa disebut sebagai Riam Berawat'n pasti ada cerita dibalik itu semuanya berikut ini adalah cerita singkatnya.

Dalam bahasa Dayak nama Riam Berawan dimaksud selaku emas. Nama ini konon akibat pengaruh dari sebuah cerita legenda yang dipercaya penduduk kurang lebih. Bahwa dulu pernah terjadi sebuah pertempuran besar antara ular raksasa melawan panglima perang masyarakat setempat, oleh karena kesaktian panglima perang ini ia berhasil menaklukan ular besar tersebut sehingga.

Konon, setelah panglima berhasil memenangkan pertarungan dengan memotong- motong bagian dari tubuh ular tersebut. Anehnya, potongan- potongan dari tubuh ular tersebut berubah wujud menjadi sebuah air terjun alias riam yang lumayan besar dan sangat tinggi. Sesudah itu, timbul seekor rusa yang menyalakan cahaya keemasan. Nah dari sinilah nama Riam Berawan bermula. Sampai dengan sekarang ini air yang mengalir dari sungai-sungai Biang semuanya berkumpul di Riam Berawat'n yang miliki ketinggian kurang lebih 75 Meter yang berasal dari pegunungan Bayang.

Bagaimana Cara pergi ke Air Terjun Berawat'n

Bagaimana caranya pergi ke Riam Berawan ini mungkin sebagian masyarakat Kabupaten Bengkayang saja masih belum tahu dimana riam berawan dan bagai mana cari pergi ke Riam Bewaran sendiri nah untuk itu lah yuk baca terus sampai habis ya.

Objek wisata ini terletak di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Menuju ke Riam Berawan kamu dapat masuk lewat Bandara Pontianak Supadio. Telah banyak jadwal penerbangan dari bermacam kota mengarah ke tempat ini. Tarifnya mulai dari 700 ribuan saja sekali penerbangan.

Cuma saja, sesudah dari sini, perjuanganmu mengarah ke objek wisata ini masih wajib diuji dengan ekspedisi darat yang menempuh waktu sampai 6 jam 7 menit lamanya menuju ke Kabupaten Bengkayang. Akankah lebih baiknya di sarankan buat sahabat mengenal bengkayang buat menginap terlebih dulu setelah sampai di Kota Bengkayang. dan jangan memaksakan diri untuk naik ke atas. karna ke Riam Berawan, karena sangat teramat berbahaya.


Memang Sayangnya, di Bengkayang kamu belum mampu mendapatkan hotel berbintang. Jadi, lebih baik carilah losmen maupun penginapan seadanya cuma buat mengembalikan tenaga, Rata- rata harga per malamnya mulai dari 50 ribuan saja memang setimpal dengan sarana prasarana yang sangat seadanya. Baru ke esokan harinya baru deh berangkat kembali ke Riam Berawan jarak tempuh ke Riam Berawan dari pusat Kota Bengkayang kurang lebih 2-3 jam perjalanan tergantung kecepatan sahabat berkendara.

Setelah sampai di pasar Sanggau Ledo sudah dekat dengan Kecamatan Seluas berjalan 30 menit dari sanggau ledo masuk ke dalam sebelah kanan ada tulisan kawasan wisata riam berawat'n, dari situ sepanjang jalan memang jalannya kurang bagus dilalui diharapkan berhati-hati dan dengan jalan pelan sahabat dapat menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam melewati hutan adat dan perkebunan warga yang terdapat di sepanjang jalan. Ketika sampai di Dusun Melayang sahabat haruslah meminta izin untuk camping baik itu kepada ketua RT/RW ataupun kepada kepala Desa Setempat, Setelah di ijinkan biasanya diantar bagi yang tidak tahu, bagi rombongan yang sudah tahu paling diarahkan pada saat berkemah dan harus berhati-hati pastinya.

Setelah sampai di dekat lokasi parkiran Riam Berawan teman semuanya dapat memarkirkan kendaraan bebas yang penting rapi dan harap untuk mengunci ganda kendaraannya. dari parkiran saja sahabat semuanya sudah bisa mendengar riakan air yang jatuh dari atas ke bawah apa lagi itulah Riam Berawan. Nah untuk mendirikan tenda biasanya ada dua tempat mendirikan tenda, di dekat parkiran dan di bawah diatas sedikit dari aliran sungai dari Riam Berawan ini ya tergantung situasi dan tenda pengunjung yang ada disana. Nah bebas deh.....

Fasilitas Apa yang ada di Riam Berawan

Ketika di riam berawan apa sih fasilitas yang ada disana, sampai dengan sekarang ini masih belum ada fasilitas yang memadai untuk ke sana, saat ke objek wisata ini diharapkan sahabat harus menggunakan kendaraan motor agar bisa masuk ke area parkiran dekat Riam Berawan. Yang pasti sudah ada disana yaitu lokasi tempat parkir, lokasi perkemahan setelah itu hutan rimba yang luas, hehehe ya seperti itulah karena belum sepenuhnya dikelola oleh masyarakat yang ada di Dusun Melayang ini.

Penelusuran terkait
riam sanggau | riam bengkayang | air terjun berawa | riam merasap | riam pangar | air terjun bengkayang

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

2 Responses to "Riam Berawan Surga Kecil Di Kabupaten Bengkayang Yang Eksotis"

  1. Alamat Betul, Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, jika kami keluru bang, tetapi saat kami ke sana itu masih dusun biang. Atau bagai mana ya, mungkin ada perubahan nama dari dusunnya mungkin ya? dan terima kasih informasinya

      Delete
Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel