Riam Jugan Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Bengkayang

Hai-hai para sahabat Mengenal Bengkayang di manapun berada memang disetiap perjumpaan pasti menimbulkan kesan yang baik dan baru ya, hmmm seperti halnya nih tentang Riam Jugan destinasi wisata andalan Kabupaten Bengkayang loh, demikian lah harapan Bapak Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E, M.M. pada saat setelah meresmikan River Tubing Riam Jugan beberapa waktu yang lalu dan besar memang harapannya setelah launching River Tubing di Riam Jugan ini menjadi destinasi wisata yang berkembang dan banyak mendatangkan wisatawan baik dari masyarakat sekitar bahkan dari mancanegara. Sangat menarik bukan, ya Bengkayang memang salah satu kabupaten yang banyak memiliki tempat wisata dan potensi alamnya yang melimpah.

Riam Jugan

Cukup kita bayangkan saja menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkayang dr. I Made Putra Negara, MM terdapat kurang lebih 156 detinasi wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang, tetapi yang sudah dapat diakses dengan mudah ada 48 destinasi wisata atau 30 persen dari pada itu dapat kita lihat secara infrastruktur masih dalam usaha pemerintah untuk mengupayakannya dan memang besar harapan andil masyarakat bersama-sama memajukan daerah bersama pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang secara khususnya.

River Tubing Riam Jugan

Sahabat mengenal bengkayang ada yang sudah tahu tentang River Tubing? kalau yang sudah tahu syukur deh, nah bagi yang masih belum tahu tentang river tubing yuk kita bahas. River Tubing adalah permainan wisata yang dilakukan di air seperti naik di atas ban dalam, tentunya media yang digunakan adalah berbahan karet, agar pada saat pengunjung yang bermain River Tuning ini tidak membahayakan dirinya sendiri, seperti contoh pengunjung tidak tenggelam ke Tika bermain di air, pada saat menggikuti arus air tidak terlalu berbahaya.

River Tubing Riam Jugan

River Tubing yang ada di Riam Jugan ini di launching pada Jumat (12/03/2021) dan dibuka pertama kali oleh Bupati Bengkayang bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah Terkait Kabupaten Bengkayang. Riam Jugan ini dikelola oleh Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Nyiung Mandiri sebagai destinasi baru di kelola oleh mereka yang diberi nama River Tubing, sementara Pokdarwis Nyiung Mandiri ini dibawahi BUMDes Nyiung Mandiri Desa Lembang.

Dimana River Tubing Riam Jugan?

Diatas tadi kita sudah bahas tentang Kabupaten Bengkayang dan seisi alam serta potensi alamnya yang mana barusan diatas kita bahas river tubing ada di Riam Jugan. Mungkin para sahabat bertanya-tanya nih dimana destinasi wisata ini berada? atau dimana river tubing Riam Jugan ini berada?. nah dibawah ini dan pada bagian ini kita akan membahas dimana sih letaknya atau alamatnya bahkan cara pergi ke Riam Jugan ini.

Riam Jugan Berada di Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Riam ini adalah salah satunya riam menjadi daftar destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang, mudah diakses dan terlebih dekat dari Kota Bengkayang, bahkan lebih dekat dengan pasar Kecamatan Sanggau Ledo, nah kalau sahabat bertanya dibagian mana tempatnya? riam ini tidak lah susah untuk dicari karena sebelum masuk ke Pasar Kecamatan Sanggau Ledo sebelum Pertamina dan Alfamart yang ada di Sanggau Ledo kemudian di bagian sebelah kiri ada plank besar menunjukan destinasi wisata Riam Jugan ini, kalau masih bingung nanti dibawah dicantumkan google maps riam ini.

Fasilitas Yang ada dan Cara Pergi ke Riam Jugan

Nah ini nih yang paling di tunggu-tunggu pembahasannya pada saat sebelum pergi, ya ini merupakan persiapan dan jangan perneh mengabaikannya. Apa saja sih fasilitas yang ada di Riam Jugan ini, sebelum sahabat membaca tulisan ini ternyata kami sudah sampai duluan dan melihat agar sahabat mengenal bengkayang mendapatkan informasi yang jelas dan aktual, adapun fasilitas yang ada disana yaitu :

1. Toilet atau Tempat Ganti Pakaian

Fasilitas di Riam Jugan

Toilet atau Tempat Ganti merupakan salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap tempat-tempat wisata air seperti di Riam Jugan ini. Karena setiap setelah pengunjung selesai bermain air pastinya mencari tempat untuk mengganti pakaian yang basah dan upaya menjaga kebersihan air pastinya harus ada toilet bagi pengunjung dan di Riam Jugan ini ada terdapat toilet atau tempat ganti pakian. jadi sahabat menegenal bengkayang tidak perlu kawatir dimana tempat ganti, ketika pada saat berkunjung nantinya.

2. Penyewaan Alat River Tubing

Tadi diatas kita sudah membahas tentang river tubing terus bagaimana dan dimana mendapatkanya, nah disetiap harinya ada petugas yang manjaga Riam Jugan ini kahususnya para anggota Pokdarwis dan pastinya ketika sahabat mengenal bengakayng ingin bermain minta dan dapat menyewakan kepada pengaja yang ada di situ.

3. Kantin

Nah yang satu ini apalagi paling tidak harus ada kantin untuk pengunjung karena setelah bermain air walau datangnya kenyang tetap saja ketia naik ke tepi pasti perut terasa lapar paling tidak makan mie instan, mie gelas atau makanan ringan lainnya yang pastinya sudah ada disediakan oleh ibu-ibu kantin disana hanya perlu siapkan saja uang untuk membelinya, hehehe

4. Terdapat beberapa Bangku

Yang tidak kalah lainnya dari fasilitas yang ada di Riam jugan ini yaitu bangku atau kursi disana sudah tersedia, nah bagi para ibu-ibu dan bapak-bapak yang belum mau mandi atau sembari menunggu barang-barang bawaan ya bisa lah duduk-duduk di kursi yang telah disediakan.

5. Dekat dengan Pasar seperti Pertamina dan Alfamart

Nah ini paling tidak kalau sahabat mengenal bengkayang berkunjung mesti cari cemilan atau isi bahan bakar dulu kendaraannya. Nah ketika rekreasi dan budgetnya kurang ya paling tidak dapat belanja dulu di Alfamart yang ada di depan sebelum masuk ke simpang Riam Jugan dan percis berdepanan dengan Pertamina. Nah asyikkan kalau berkunjung ke sini?

Nah kapan nih mau rencanakan untuk berlibur ke Riam Jugan ini? ya semoga kita selalu sehat dan dapat bertemu dilain waktu ya di Riam Jugan ini. Semoga artikel tentang Riam Jugan destinasi wisata andalan Kabupaten Bengkayang ini dapat membantu sahabat mengenal bengkayang untuk mencari dan mendapatkan informasi wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang. Akhir kata sampai jumpa salam sukses dan semoga pandemi ini segera berakhir dari muka bumi ini.

Maps ke Riam Jugan

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Riam Jugan Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Bengkayang"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel