Lambang dan Identitas Kabupaten Bengkayang Terlengkap

Lambang Bengkayang

Sejak pembentukan Bengkayang menjadi Kabupaten Bengkayang telah adanya Lambang Bengkayang atau logo Bengkayang sebagai identitas dari Kabupaten Bengkayang sendiri pada waktu itu Drs. Jakobus Luna menjadi Bupati Bengkayang pada saat itu dan pada saat ini perlulah kita membahas tentang Lambang dan Identitas Kabupaten Bengkayang Terlengkap ya seperti isi pada perda no. 1 tahun 2000 tentang lambang dan identitas Kabupaten Bengkayang sendiri.

Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Bengkayang Nomor 1 thun 2000 membahas tentang Lambang Daerah yaitu Lambang Daerah Kabupaten Bengkayang dan diatur kedalam 6 (enam) bab dan dengan persetujuan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang dan diputuskanlah peraturan daerah Kabupaten Bengkayang tentang lembang daerah pada bab 1 mengatur tentang ketentuan umum, pada bab 2 bentuk, warna, makna dan ukuran, bab 3 penggunaan lambang daerah, bab 4 ketentuan penyidikan, bab 5 ketentuan pidana dan pada bab 6 ketentuan penutup.

Kemudian Lambang atau logo daerah Kabupaten Bengkayang ini terdiri atas 4 (empat) bagian yaitu :

1. Padi dan Kapas dengan pita pengikat simpul empat dan matahari dengan tujuh belas pencarannya.

2. Perisai berserta tombak dan tangkin di balik perisai, gunung dan sepuluh bidang petakan sawah serta angka 1999.

3. Pita bertuliskan "Kabupaten Bengkayang."

4. Tulisan semboyan "Adil Ka' Talino."

Kemudian pada pasal 3 Bentuk Bentuk keseluruhan dari Lambang Daerah Kabupaten Bengkayang ini adalah diberi bersudut 5 (lima) yang melambangkan dasar falsafah Negara Pancasila, sementara warna dasar hijau muda yang melambangkan kesuburan daerah.

Pada pasal 4

Lambang Daerah menggunakan 8 (delapan) warna, yaitu hijau muda, hijau tua, kuning, kuning emas, merah, putih, biru,hitam dengan keterangan sebagai berikut :

1. Warna hijau muda pada keseluruhan Lambang Daerah, hijau tua pada tangkai bunga kapas dan dataran kaki gunung melambangkan kesuburan.

2. Warna kuning pada matahari dan petakan sawah melambangkan kematangan.

3. Warna kuning emas pada warna dasar pita bertuliskan “ Kabupaten Bengkayang “, tangkai padi serta buah padi melambangkan masa keemasan.

4. Warna merah, pada sebagian perisai dan pada sebagian pita pengikat padi dan kapas melambangkan keberanian.

5. Warna putih, pada bunga kapas, sebagai perisai tangkitn, mata tombak,dan sebagian pita pengikat tangkai padi dan kapas melambangkan kesucian.

6. Warna biru pada gambar gunung melambangkan keteduhan, ketenangan atau kedamaian.

8. Warna hitam pada polisir bingkai lambang, lis pita, tulisan Kabupaten Bengkayang, angka tahun 1999, gagang tombak dan tangkitn melambangkan ketegasan dan kesatriaan.

Sementara Makna Lambang Daerah Kabupaten Bengkayang di atur pada pasal 5 yang isinya adalah sebagai berikut :

1. Padi dan kapas menggambarkan sandang dan pangan yang melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi tujuan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang. Selain itu kapas yang berjumlah 8 (delapan) dan padi yang berjumlah 45 (empat puluh lima) butir menggambarkan bulan dan tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Matahari dengan tujuh belas pancarannya mengambarkan tanggal 17, yaitu tanggal kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Perisai, serta tombak dan tangkitn menggambarkan ciri khas kebudayaan masyarakat Kabupaten Bengkayang.

4. Gunung menggambarkan bahwa secara geografis Daerah Kabupaten Bengkayang terletak didaerah dataran tinggi, yang alamnya banyak terdapat bukti dan gunung.

5. Petakan sawah sebanyak sepuluh bidang dan tahun 1999 menggambarkan UndangUndang Nomor 10 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Bengkayang.

6. Pita dengan empat lipatan warna merah putih yang mengikat tangkai padi dan kapas menggambarkan bulan April, yaitu bulan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1999.

7. Dasar Lambang berwarna hijau muda menggambarkan bahwa wilayang Kabupaten Bengkayang merupakan daerah subur yang dapat membawa masyarakat Kabupaten Bengkayang dalam mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Di pasal 6

Tulisan “ KABUPATEN BENGKAYANG “ menunjukkan bahwa Kabupaten Bengkayang adalah salah satu wilayah / daerah dalam Propinsi Kalimantan Barat, dan juga merupakan Daerah Otonom.

Di pasal 7

Semboyan “ Adil Ka’ Talino “ secara lengkapnya berbunyi “ Adil Ka’ Talino Bacuramin Ka’ Saruga Basengat Ka’ Jubata “ yang memiliki arti dalm memberikan pelayanan terhadap sesama hendaknya selalu berlaku adil, setiap perbuatan dan tindakan yang dilakukan harus selalu mencerminkan kebaikan serta selalu berpedoman kepada Tuhan.

Di pasal 8

Ukuran Lambang Daerah Kabupaten Bengkayang seperti tertulis dalam lampiran Peraturan Daerah ini.

Nah bagai mana nih apakah sahabat sudah mengetahui berbagai makna lambang atau logo dan identitas Kabupaten Bengkayang, bagi sahabat yang masih belum atau sekedar ingin mengetahui lebih jelas tentang Peda Kabupaten Bengkayang yang mengatur lambang dan identitas Kabupaten Bengkayang dapat mendownload link yang ada dibawah  ini. Semoga artikel Lambang dan Identitas Kabupaten Bengkayang Terlengkap ini dapat menjadi penambah ilmu dan pengetahuan kita ya. salam

Penelusuran terkait

logo kabupaten bengkayang png | gambar apa yang melambangkan kelembutan dan kebaikan | lambang pancasila | simbol padi melambangkan | padi melambangkan...bagi semua | arti gambar kapas pada burung garuda adalah | logo kabupaten melawi | bintang melambangkan

Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Lambang dan Identitas Kabupaten Bengkayang Terlengkap"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel