Bahasa Dayak Dan Artinya : Bakatik, Banyadu, Bangahe, Bidayuh Kata Ganti Orang

Bahasa Dayak dan Artinya - Negara Indonesia yang kita cintai ini adalah sebuah negara dengan berbagai perbedaan baik itu bahasa daerah, adat istiadat, budaya dan berbagai hal lainnya. Walau dengan perbedaaanya negara ini menjadi negara yang tangguh dan dapat disatukan oleh satu bahasa yaitu Bahasa Indonesia, memang kita sekarang tidak akan membahas tentang bahasa Indonesia (bahasa persatuan) melainkan kita akan membahas tentang beragam bahasa yang digunakan oleh masyarakat kita Indonesia pada khususnya oleh suku dayak yang ada di Kabupaten Bengkayang. Oleh sebab itu mengenal bengkayang akan memberikan informasi kepada sahabat mengenal bengkayang tentang bahasa Dayak dan artinya : Bakatik, Banyadu, Bangahe (Ahe), Bidayuh kata ganti orang, semoga dengan informasi ini sahabat semuanya beroleh pengetahuan yang lebih.

Kita tidak akan membahas tentang berbagai bahasa yang begitu mendalam seperti di dalam kamus bahasa dayak, kamus bahasa dayak kalteng, belajar bahasa dayak, kamus bahasa dayak ngaju online, kamus bahasa dayak ngaju, kalimat bahasa dayak, kamus bahasa dayak sampit, buku kamus bahasa dayak ngaju.

Nah mungkin sahabat bertanya-tanya apa sih yang akan kita bahas? yang akan kita bahas adalah bahasa untuk kata ganti orang kedalam Bahasa Bataik Inyam, Bataik Rara, Bangahe (Ahe) dan Bahasa Bidayuh, memang ketika riset banyak munkin user bertanya tentang Narai itu apa?, Selamat pagi bahasa Dayaknya apa?, Bahasa Dayak nya gimana?, Bahasa Dayak Bakumpai apa kabar? nah yang akan kita bahas hanya bahasa untuk kata ganti orang saja.

Bahasa Dayak dan Artinya

Sementara itu perlu sahabat ketahui bahasa secara umum merupakan sistem komunikasi yang menusia gunakan untuk dinayatakan melalui susunan suara ataupun ungkapan perasaan yang terstruktur sehingga membentuk satuan lebih besar. Sementara pendapat lain tentang bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi dengan sesama menggunakan simbol (tanda). Diperkirakan jumlah bahasa yang ada di dunia ini kurang lebih 6.000 - 7.000 bahasa tentunya beragam bahasa ya.

Apa sih fungsi dari bahasa itu sendiri? bahsa salah satu alat berinteraksi dengan manusia, sekaligus juga alat untuk berfikir, serta menyalurkan arti sebuah kepercayaan di masyarakat. Tidak sampai distu saja selain sebagai alat komunikasi maupun berinteraksi, bahasa juga memiliki arti yang sangat penting sebagai metode pembelajaran pada lingkup bahasa itu sendiri.

Bahasa Dayak apa kabar mu?

Apa bahasa Dayak nya terima kasih?

Selamat pagi bahasa Dayaknya apa?

Bahasa Dayak cantik apa?

Nah terus apa itu bahasa daerah Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian bahasa daerah adalah bahasa yang seringkali digunakan di suatu daerah. Bahasa daerah juga merupakan simbol kebanggaaan daerah dan juga sebagai identitas dari daerah itu sendiri. Terus bahasa daerah menjadi salah satu warisan dari nenek moyang dan kekayaan budaya nasional, tentunya bahasa daerah itu sangat penting.

Yuk simak bahasa daerah untuk kata ganti orang yang dituangkan kedalam bahasa Dayak Bakati, Dayak Bakati Rara, Bangahe (Ahe), Banyadu dan Juga bahasa Dayak Bidayuh, semua bahasa ini melingkupi sub suku besar yang ada di Kabupaten Bengkayang, berikut penjelasannya :

Kedalam Bahasa Dayak Bakatik Inyam dan Dayak Bakati Rara
Bahasa Indonesia Bakatik Inyam Batatik Rara
Aku Ikit'n/Icit'n Iko'k
Kamu Imuk'k Imuk'k
Dia Inyam Ini'k
Kami Kai'k Kai'k
Kita Adup Ite
Kalian Akup'ng Akup'ng
Mereka Ayo'e Ayo'a

Kedalam Bahasa Dayak Bangahe (Ahe)
Bahasa Indonesia Dayak Bangahe (Ahe)
Aku Aku
Kamu Kao
Dia Ia
Kami Kami
Kita Diri'k
Kalian Kita'k
Mereka Ayukng nya/Kabatnya

Kedalam Bahasa Dayak Banyadu
Bahasa Indonesia Dayak Banyadu
Aku Ikin
Kamu Imu
Dia Ene
Kami Kai
Kita Diri
Kalian Akum
Mereka Ayuk'ng e

Kedalam Bahasa Dayak Bidayuh (Suti Semarang dan Sekitarnya)
Bahasa Indonesia Dayak Bidayuh
Aku Ku
Kamu Mu
Dia Yeh
Kami Keh
Kita To
Kalian Amu
Mereka Ayeh

translate bahasa dayak ngaju | kata-kata bahasa dayak | kamus bahasa dayak kalteng | belajar bahasa dayak | kamus bahasa dayak sampit | kalimat bahasa dayak | buku kamus bahasa dayak ngaju | bahasa dayak kamu

Charis Dominggus Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Bahasa Dayak Dan Artinya : Bakatik, Banyadu, Bangahe, Bidayuh Kata Ganti Orang"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel