7 Wisata Bahari Kabupaten Bengkayang

Wisata Kota Bengkayang selalu menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung, 7 Wisata Bahari Bengkayang menjadi referensi liburan teman-teman Mengenal Bengkayang kali ini. Wisata Bahari Bengkayang merupakan wisata kalbar paling favorit saat wisatawan berjunjung. Adapun Wisata Bahari Bengkayang letak geografisnya sangat dekat dengan Wisata Singkawang.
Dari wisata bahari Bengkayang tentunya banyak juga wisata yang manjadi favorid dan banyak di kunjungi oleh wisatawan. salah satu dengan adanya areal perbukitan Bengkayang banyak wisata bukit yang manjadi daya tarik. adanya bukit di Bengkayang banyak terdapat pula Riam atau disebut juga air terjun. berikut ini daftar Riam (Air Terjun) yang ada di Bengkayang : Riam Mabeh, Riam Kuek, Air Terjun atau Riam Ampang, dan manjadi daya tarik Wisata Bengkayang.

10_wisata_bahari_bengkayang


Arti Wisata Bahari

Wisata Bahari adalah wisata yang tempatnya atau medianya merupakan lautan, pantai, pulau-pulau. jadi wisata bahari adalah wisata yang medianya lautan, pantai dan segala isidalam bahkan sekitar tempat tersebut yang manjadi tempat wisata.

Daftar Wisata Bahari Bengkayang

Pulau Randayan
pulau_randayan
Sumber : @randayan.island
Pulau Randayan merupakan pulau dengan panorama alam yang indah serta memiliki keindahan bawah laut yang sangat eksotis. Pantai di pulaunya memiliki pasir berwarna putih menjadi keindahan plus di pulau ini. Luas Pulau Randayan sendiri kurang lebih 4,5 hektar. Pulau Randayan salah satu Wisata Bahari Bengkayang dan sangat populer di kalbar. Adapun aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat berada di pulau adalah sebagai berikut : Memancing, Diving dan Snorkeling.

Fasilitas di Pulau Randayan dapat disewa. adapun fasilitas yang dapat disewakan antaralain peralatan Diving dan Snorkeling. bagi pengunjung yang hobi memancing, Ikan yang didapat dapat dimasak ataupun dipanggang sendiri. Untuk Penginapan sendiri di Pulau disediakan Villa. Yang mana saat menginap, dapat merasakan sensasi rumah sendiri dengan pemandangan pulau yang indah. Di Villa sendiri disediakan tempat bersantai yang langsung menghadap ke pantai.

Pulau Lemukutan
pulau_lemukutan
Sumber : @iam.dyah
Pulau Lemukutan adalah merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Bengkayang paling populer. Pulau Lemukutan sendiri sangat dekat dengan Kota Singkawang, namun masih wilayah Pemerintahan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Pulau Lemukutan adalah sebuah desa yang diberi nama Desa Lemukutan yang memiliki banyak tanjung dan teluk. Sedangkan mata pencaharian sebagian masyarakatnya adalah petani dan nelayan. untuk ke Pulau Lemukutan dapat melalui pelabuhan Teluk Suak, jika menggunakan sepeda motor waktu tempuh dari Kota Singkawang kurang lebih 40 menit. untuk penitipan kendaraan dapat dititipkan di warung yang menyediakan tempat penititpan kendaraan. untuk penyebrangan ke Pulau Lemukutan dapat menggunakan Kapal Motor menuju kepulau dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam, tergantung cuaca dan ombak saat perjalanan. untuk biaya penyebrangan ke Pulau Lemukutan menggunakan kapal motor dikenakan Rp 25.000/orang.

Pulau Kabung
pulau_kabung
Sumber : @budiiego
Pulau Kabung adalah sebuah pulau yang letaknya berada di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. yang berdekatan dengan beberapa pulau yaitu : Pulau Temajo, Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan dengan wilayah yang kecil, namun kekayaan alamnya sangat melimpah.

salah satu daya tarik para wisatawan ke Pulau Kabung adalah. dengan eksistensi dari parairan yang jernih dan beragam biota aut yang begtu indah. dengan demikian para wisatawan terpesona dengan segala keindahannya. untuk menikmati keindahan bawah laut dengan cara diving, snorkeling atau sembari berperahu mengellingi pulau kabung. habitat salah satu ikan lucu dengan rumahnya yang indah. atau yang biasa disebut ikan badut atau clownfush yang dikenal dengan ikan nemo. ikan nemo ini dapat kita temukan saat berlangsungnya snorkeling, sambil berperahu pun kita dapat memberikan makan ikan.

Bagaimana perjalanan menuju Pulau Kabung? untuk perjalanan menuju ke Pulau Kabung adalah dengan bisa pergi ke Pelabuhan Teluk Suak yang ada di Jl. Teluk Suak, Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. setelah sampai di pelabuhan segala kendaraan dapat dititipkan di tempat penitipan kendaraan yang telah disediakan oleh penduduk Teluk Suak. Setelah itu melanjutkan perjalanan Menuju Pulau Kabung dengan menggunakan kapal kelotok atau speedbioat.

Pantai Samudra Indah
pantai_samudra_indah
Sumber : @selvyrachel
Pantai Samudra Indah adalah wisata pantai banyak mencuri perhatian wisatawan lokal bahkan mancanegara. di Pantai Samudra Indah wisatawan dapat berenang, bermain pasir, snorkeling, diving, berjemur dan kegiatan lainnya. Pantai Samudra Indah berada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. namun letak geografisnya sangat dekat dengan wisata singkawang sekaligus pusat pemerintah Kota Singkawang, namun masih wilayah Kabupaten Bengkayang.

Pantai Samudra Indah sendiri terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan SUngai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. untuk biaya masuk ke pantai samudra indah cukup membayar Rp 10.000 per orang. pantai disini sangat indah dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih sangat menyegarkan mata. di Pantai Samudra Indah banyak tersedia pondok-pondok yang dapat digunakan untuk bersantai. pantai samudra indah ini memiliki panjang sekitar 5 kilometer.

Mimiland (Batu Payung)
mimiland_batu_payung
Sumber : @buunlie
Mimiland atau biasanya disebut batu payung. berada di 24 kilo meter sebelum kota Singkawang jika dari pontianak, namun masih wilayah Bengkayang. Mimiland berada di Teluk Suak, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Mimiland sendiri adalah salah satu wisata bahari Kabupaten Bengkayang dengan dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak. Taman ini dikelola oleh PT. Batu Payung Indah.

Di Mimiland memiliki banyak wahana permainan anak-anak dan ada juga dimainkan oleh orang dewasa. disini ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan, antaralain flying fox, perahu kora tora, ontang-anting, komedi putar, ayunan, seluncuran, ada juga beberapa villa atau resort dengan pemandangan pantai dan di Mimiland sendiri memiliki restoran yang juga pemandangan langsung menghadap ke laut yang menambah suasana liburan yang romantis.

Jam buka wisata mimiland sejak pukul sembilan pagi hingga lima sore dan nah bagai mana dengan biaya masuk ke mimiland?. Tarif masuk untuk wisata mimiland sendiri dikenakan Rp 20 ribu per orang, diluar tiket wahana permainan. sedangkan untuk wahana permainan dapat membeli karcis lagi yang dikenakan biaya cukup beragam. mulai dari Rp 5 ribu per wahana permainan. nah dengan lengkapnya permainan ramah anak di wisata mimiland banyak wisatawan menyebut mimiland adalah sebagai taman wisata Ancol Bengkayang. nah bagai mana teman-teman mau ke Mimiland?

Pantai Gosong
pantai_gosong
Sumber : @buunlie
Pantai Gosong adalah salah satu destinasi wisata bahari juga yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkayang. dari namanya gosong bukan berarti pantainya gosong, atau bentuk pantainya hitam atau berpasir hitam semua. menurut cerita masyarakat Pantai Gosong pernah mengalami kebakaran dan itu beberapa tahun silam. oleh sebab itu Pantai ini disebutkan masyarakat sebagai Pantai Gosong. Pantai Gosong ini terletak di Teluk Suak, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia yang juga termasuk salah satu wisata kalbar. Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Singkawang dengan waktu tempuh 30 menit dan melewati beberapa destinasi wisata bahari baik yang dimiliki oleh Kota Singkawang, maupun wisata Kabupaten Bengkayang. adapun beberapa destinasi wisata yang dilewati antaralain Pantai Batu Burung, Pantai Palm Beach, Pasir Panjang, Samudra Indah, Mimiland (Batu Payung). untuk masuk ke Pantai Gosong tidak dikenakan biaya dan disana suasananya sangat mencekam, yang terdengar hanya suara ombak serta hembusan angin yang mengoyangkan dedaunan hutan kelapa menjulang tinggi.

Pantai Kura-Kura
pantai_kura_kura

Pantai Kura-kura atau biasanya disebut juga kura-kura beach. kura-kura beach merupakan satu diantaranya wisata bahari yang menjadi primadona wisata di Kabupaten Bengkayang. kura-kura beach mmiliki hamparan pasir yang luas dan pohon-pohon yang rindang ditepian pantainya, sehingga terasa nyaman saat berkunjung disana. letak pantai tidak jauh dari kota Singkawang sehingga kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan disetiap sabtu dan minggu.

bagai mana dengan tiket masuk pantai kura-kura? bagi wisatawan yang berkunjung hanya dikenanakan biaya Rp 10 ribu per orang. di pantai kura-kura tidak perlu kuwatir jika saat berkunjung lapar atau kehausan, dikarkanan banyak masyarakat yang berjualan di sekitar pantai. dan mereka menyediakan beberapa fasilitas umum diantaranya Gajebo yang baik digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan saat berkunjung.




Nah bagai mana teman-teman Mengenal Bengkayang tercinta, tentang artikel 7 Wisata Bahari Bengkayang. semoga menjadi referensi wisata teman-teman semua ya.

Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "7 Wisata Bahari Kabupaten Bengkayang"

Post a comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel