Kuliner Bengkayang Yang Wajib di Coba

Hallo para sahabat mengenal bengkayang tetap stay di rumah ya kali ini. nah mumpung stay dirumah ,mengenal bengkayang mau sharing informasi tentang makanan bengkayang yang punya ciri makanan khas bengkayang banget. Dengan rasa dan bentuk, dijamin bisa buat sendiri dirumah deh dan ada juga makanan dengan bahan bakunya memang bukan pada musimnya, sehingga ada setiap musimnya saja. tapi tidak apa jika teman-teman kepengen makan. nah mari lanjut ya, membaca tentang Kuliner Bengkayang Yang Wajib di Coba.

Nah jika teman-teman mau ke Bengkayang, wajib nih hukumnya mencoba makanan bengkayang yang akan kita bahas ini. jika teman-teman mau di jadikan oleh-oleh, yang mana ada juga makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh Bengkayang. Apa sih bedanya makanan Bengkayang dengan makanan khas daerah lainnya seperti : makanan khas Landak, makanan khas Sanggau, makanan khas Kayong Utara, makanan khas Singkawang, makanan khas Sekadau, makanan khas Balai Karangan, makanan khas Sintang dan bahkan oleh-oleh khas Sambas?

Dengan beragam makanan Bengkayang dan punya cita rasa yang berbeda-beda, ada juga yang menjadikannya sebagai makanan ringan khas kalimantan barat. hmmm, tertarik nggak untuk buat di rumah atau datang ke Bengkayang untuk mencoba kuliner Bengkayang yang manjadikannya khas Bengkayang banget. yang dapat juga dijadikan oleh-oleh khas Bengkayang. Apalagi Bengkayang disebut sebagai Kabupaten seribu riam manjadikan banyak wisatawan yang datang singgah dan boleh mencoba berbagai kuliner Bengkayang, dengan khas Bengkayang banget


kuliner_bengkayang_yang_wajib_di_coba

Daftar Isi :
  1. Lemang
  2. Tumpi
  3. Tempoyak
  4. Pakating
  5. Kue Kantong Semar
  6. Pekasam Ikan (Tabah Ikat'ng)
  7. Bontok'ng (Sungkui)
  8. Lempok Durian

kuliner_bengkayang_kuliner_khas_bengkayang_makanan_khas_bengkayang

Lemang

kuliner_bengkayang_lemang

Lemang adalah salah satu pangganan yang terbuat dari beras ketan, yang digulung dengan daun pisang muda, kemudian dimasukan kedalam bambu, dan didalam bambu dicampur air, dimasak dengan cara dipanaskan dengan api disekitar bambu, yang ditunggu hingga masak dan jadilah lemang. Lemang ini biasanya sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat. Yang mana Lemang juga merupakan kuliner Bengkayang, yang sangat digemari oleh banyak kalangan masyarakat.

Lemang sendiri makanan khas yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkayang. jika berburu kuliner ini di Bengkayang, jangan lupa coba makanan Bengkayang yang satu ini, tentunya berbeda rasa dengan makanan khas landak, makanan khas sanggau, makanan khas kayong utara, makanan khas singkawang, makanan khas sekadau, makanan khas sintang, makanan khas balai karangan dan bahkan oleh-oleh khas sambas

Tumpi

kue_tumpi_makanan_khas_dayak_bengkayang

Tumpi adalah termasuk kategori kue dan hampir mirip dengan kue cucur, bahkan cara untuk membuatnya hampir sama dengan cucur, jadi bisa disebut tumpi adalah cucur dayak. namun tumpi perbedaannya dari bentuk fisik dan rasanya saja yang berbeda.makanan ini merupakan makanan bengkayang, yang biasanya disajikan pada saat acara-acara tertentu, seperti pesta, ucapan syukur dan upacara adat lainnya yang manjadi makanan khas bengkayang. Dimasing-masing daerah Kabupaten Bengkayang biasanya berbeda-beda jenis, tekstur dan rasa dari kue tumpi ini, mungkin tergantung selera masing-masing daerah berbeda. jika berkunjung ke tempat wisata di Bengkayang, cobalah untuk mencicipi beberapa makanan khas bengkayang ini.

Kue Tumpi ini selalu digunakan dalam setiap upacara adat suku dayak, baik itu daerah manapun. biasanya jika tidak lengkap dengan kue tumpi biasanya tidak bisa dilangsungkannya upacara adat, bahkan bisa dibatalkan. jadi kue tumpi selain makanan khas bengkayang, kue tumpi ini juga manjadi pilosofi dalam setiap upacara adat suku dayak.

Tempoyak

tempoyak_kuliner_has_bengkayang

Tempoyak? apa sih itu tempoyak? mungkin orang luar Kalimantan Barat banyak yang belum tau apa itu tempoyak. Tempoyak adalah buah durian yang sudah difermentasikan, sehingga rasanya ada rasa asam dan ada juga rasa manis. biasanya tempoyak dihidangkan bersama nasi hangat, hummm rasanya nikmat. cara penghidangan tempoyak biasanya tergantung selera, biasanya dicampur dengan daging, ikan teri, udang, dan lain-lain. bahkan panganan ini biasanya paling banyak di buru wisatawan yang berkunjung ke Bengkayang, pada saat musim buah durian. Sehingga tempoyak ini menjadi kuliner khas Bengkayang, dan menjadi makanan khas bengkayang banget.

Nah kenapa Tempoyak manjadi makanan khas Bengkayang dan rasanya nikmat? dengan latar belakang bahwa bengkayang adalah penghasil buah durian kualitas terbaik, maka tempoyak yang dihasilkan pun baik pula. secara umum cara pembuatan tempoyaknya sama, namun terkadang saat pemilihan buah duriannya. Sehingga berpengaruh terhadap tempoyak yang dihasilkan.

Pakating

pakating_makanan_bengkayang_makanan_khas_bengkayang

Pakating adalah makanan fermentasi juga, yang seringkali bahan bakunya berasal dari buah kelampai (tapos) bahkan jika tidak ada buah kelampai biasanya bahan bakunya dari buah karet. cara pembuatnnya sangat rumit dan memakan waktu banyak. Tetapi walau pengerjaannya lama berbeda dengan rasa, yang jelas rasanya pasti nikmat, apalagi biasanya ketika dimasak bersamaan dengan daun ubi yang ditumbuk, pasti nikmat banget. Apalagi menjadi makanan khas Bengkayang dan kuliner Bengkayang yang wajib di coba saat berada di Bengkayang.

Apa sih buah kelampai? Secara umum kebanyakan  orang jarang mengenal jenis buah ini. Tetapi ada sebagian masyarakat di Indonesia yang tahu buah kelampai ini, secara khususnya masyarakat Kalimantan Barat pasti familiyar dengan buah kelampai. adapun di dalam bahasa Indonesia buah kelampai ini dikenal dengan buah Tapos (Elateriospermum tapos).

Kue Kantong Semar

kue_kantong_semar_makanan_khas_bengkayang

Kue Kantong semar adalah makanan khas Bengkayang, yang juga sering digemari oleh masyarakat. Biasanya disajikan pada acara tertentu seperti acara adat, pernikahan dan hari raya idul fitri. dengan sudah langkanya bahan baku kantong semar ini hingga terkadang sudah jarang disajikan pada acara-acara adat. nah apa saja sih bahan baku kue kantong semar ini? bahan yang disiapkan mambuat kue kantong semar ini adalah sebagai berikut : beras ketan, santan kelapa, garam dapur secukupnya, daun pandan dan yang paling utamanya adalah kantong semarnya sendiri. setalah itu disiapkan maka proses pengkukusan sampai matang, baru siap disajikan.

Pekasam Ikan (Tabah Ikat'ng)

pekasam_ikan_kuliner_bengkayang_wisata_bengkayang

Pekasam Ikan (Tabah Ikat'ng) juga merupakan bagian makanan fermentasi. kuliner bengkayang yang satu ini paling banyak disuka oleh masyarakat Bengkayang secara khususnya tabah ikat'ng ini sering disajikan bersamaan dengan nasi hangat. Tabah ikat'ng ini adalah merupakan makanan penambah selera makan masyarakat Bengkayang. kenapa mesti ikan yang difermentasikan? dengan banyaknya pegung atau waduk buatan mayarakat Bengkayang, sehingga pada saat panen hasil pegung ini tentulah banyak ikan yang didapat terkadang tidak mampu dimakan sekaligus oleh sebab itu ikannya dijadikan tabah ikat'ng (pekasam ikan). dan cara masaknya pun cukup mudah saja, dengan cara digoreng dan bumbu yang disiapkan adalah bawang merah, cabai rawit dan penyedap rasa secukupnya, kemudian digoreng sampai terlihat matang, langsung disajikan.

Bontok'ng (Sungkui)

bontok_kuliner_khas_bengkayang_wisata_bengkayang

Bontok'ng adalah makanan yang sama bentuknya dengan lontong namun cara memasaknya dan penyajiannya berbeda. Bontok'ng merupakan beras direndam kemudian dimasukan kedalam bambu dan setelah itu dimasak, cara memasaknya sama seperti memasak lemang. setelah matang siap disajikan. biasanya dicampur dengan sayuran lebih enak. Bontok'ng ini biasanya disajikan diwaktu-waktu tertentu, seperti pada saat acara adat bahkan biasanya pada saat gawai padi baru saja dihidangkan. Makanan ini banyak disajikan pada saat gawai padi baru, tetapi tidak semua masyarakat dayak yang mengadakan gawai padi baru menyajikan panganan ini. panganan ini disajikan lebih banyak di suku dayak bekati rara.

Lempok Durian

lempok_durian_kuliner_bengkayang

Lempok merupakan makanan khas Bengkayang berbahan dasar dari durian. Lempok durian adalah sebuah dodol yang terbuat dari bahan utamnya adalah buah durian, memiliki rasa yang manis dan legit membuat lempok durian sangat cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh. Cemilan ini memiliki rasa yang benar-benar istimewa, terlebih dengan harga yang relatif sangat murah dan sangat mudah dijumpai di daerah Bengkayang. dengan penghasil durian yang bagus sehingga lempok durian ini cukup memiliki rasa yang benar-benar khas dari daerah Bengkayang, sehingga manjadikannya makanan khas bengkayang yang paling digemari oleh wisatawan, saat berkunjung di tempat wisata yang ada di Bengkayang.


Nah, bagai mana teman-teman mengenal bengkayang? mau coba buat atau mau cicipin kuliner khas Bengkayang ini, yuk datang saja di Kabupaten Bengkayang. semoga artikel Kuliner Bengkayang Yang Wajib di Coba ini manjadi informasi yang bermanfaat dan berguna bagi teman-teman mengenal Bengkayang semua. kahir kata salam pamit, jangan lupa nantikan artikel selanjut lainnya.
Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Kuliner Bengkayang Yang Wajib di Coba"

Post a comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel