Air Terjun Lipu (Riam Lipu), Potensi Wisata Alam Bengkayang

Air Terjun Lipu (Riam Lipu), Potensi Wisata Alam Bengkayang yang masih belum terekspos oleh para wisatawan. Air Terjun Lipu (Riam Lipu) adalah air Tejun yang indah dengan suasana hutanya yang masih sangat terjaga baik oleh Adat dan Masyarakat Dusun Bemuran Desa Karya Bakti, yang berada disekitar lokasi Air Terjun Lipu ini. Air Terjun Lipu atau yang biasa Masyarakat Kabupaten Bengkayang pada umumnya sebut Riam Lipu, dimana sebutan inilah yang biasanya familiar dimasyarakat Kabupaten Bengkayang dalam penyebutan Air Terjun. kenapa sebenarnya disebut Riam?. dalam Bahasa Masyarakat suku Dayak Kabupaten Bengkayang Riam diambil dari kata Ria'p yang mana artinya adalah Air Terjun. Air Terjun (Riam Lipu) tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Dusun Bemuran, namun Air Terjuan Lipu (Riam Lipu) ini sangat bersih dan sangat terjaga keasliannya, kenapa demikian? dikarenakan Air Tejun ini adalah sumber terbesar penyumbang dari kehidupan bagi Masyarakat Dusun Bemuran.

Kalau bicara tentang riam di Bengkayang tidak pernah habisnya baik di pembicaraan bahkan tempat yang akan didatangi. tetapi riam lipu ini tidak kalah menariknya dengan riam-riam yang terkenal di bengkayang, seperti : riam mabeh, riam pangar, riam kuweg bengkayang atau riam kuek. air terjun riam ampang, riam batapsa, riam manajur, riam merasap, riam pangar bahkan riam budi yang tidak jauh dari riam lipu ini. juga tidak kalahnya dengan wisata singkawang lainya. karna riam lipu ini sangat dijaga oleh masyarakat baik hutan dan sumber airnya.

Riam lipu ini masih tidak diperhatikan oleh pemerintah, khususnya pemerintah Kabupaten Bengkayang. padahal dari perbedaan potensi keindahan alam, riam lipu sangat indah dengan hiasan pohon-pohon besar yang masih melindungi sekitar riam lipu. dengan setiba disana serasa tidak waktu untuk pulang. di riam lipu ada beberapa sport foto dan keindahan alam yang bisa diabadikan menjadi hiasan postingan sosial media pengunjung, di paling atas ada air terjun yang tingginya berkisar 5 meter, dan di bagian bawah air terjun lipu ini ada kolam yang membentuk lubuk dengan berpagar bebatuan cadas yang tingginya berkisar 6 meter.

air_terjun_lipu_(riam_lipu)_potensi_wisata_alam_bengkayang

Bagai Mana Pergi Ke Riam Lipu

Untuk pergi ke Riam Lipu ini perlu tenaga yang ekstra, karna selain jauh dari pusat kota Bengkayang perlu memakan waktu hampir 2 jam untuk sampai di dusun bemuran. ketika berkunjung ke riam lipu ini disarankan untuk menggunakan motor saja. karna disepanjang jalan desa karya bhakti banyak jembatan yang rusak dan sangat miris untuk dilewati oleh kendaraan.

Ketika sudah sampai dusun Bemuran, dapat menitipkan kendaraan di sekitar perkampungan, dan untuk mencapai riam lipu dapat berjalan kaki mandaki bukit yang jarak tempuhnya berkisar 45 menit dari dusun bemuran. untuk sekedar berkunjung di riam lipu ini tidak dikenakan biaya masuk.
riam_lipu

riam_lipu_wisata_bengkayang



Nah bagai mana sahabat tentang artikel air terjun lipu (riam lipu), potensi wisata alam bengkayang. semoga menjadi referensi wisata dan bacaan sahabat mengenal bengkayang semuanya ya.

Selamat Jalan-jalan
Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Air Terjun Lipu (Riam Lipu), Potensi Wisata Alam Bengkayang"

Post a comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel