Gerbang Mahligai Pesisir, Sejarah Baru Untuk Kota Singkawang

 

gerbang-mahligai-pesisir
Tampak Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie sedang memberikan tepung tawar pada acara peresmian Gerbang Mahligai Pesisir, Minggu (27/11/2022).

Kali ini memang bukan bagian dari sejarah atau sebagai informasi dari Kabupaten Bengkayang. Kesempatan ini penulis menjadi saksi sebuah sejarah, yang mana Kota Singkawang mulai meresmikan Gerbang Mahligai Pesisir yang di sponsori oleh PT. Astra Internasional Tbk.

Tjhai Chui Mie Wali Kota Singkawang bersama Bupati Sambas Satono dan Bapak Suparno Djasmin selaku Direktur PT Astra Internasional Tbk meresmikan Gerbang Mahligai Pesisir sebagai monumen batas Kota Singkawang dengan Kabupaten Sambas, yang dilaksanakan di Kelurahan Semelagi Kecil, Minggu (27/11/2022).

Rangkaian Kegiatan Peresmian Gerbang Mahligai Pesisir

Dalam kegiatan tersebut terdapat berbagai rangkaian kegiatan, mulai tanjidor mengarakkan rombongan ke titik lokasi kegiatan kemudian tarian sambutan, pengalungan syal, kemudian pemotongan pita, penandatanganan prasasti, melakukan bepapas, penyalaan mercon hingga pada kagiatan sambutan. Dimulai dari Bupati Sambas Satono, kemudian di lanjutkan oleh Bapak Suparno Djasmin sebagai Direktur PT. Astra Internasional Tbk dan diakhiri oleh sambutan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie

Baca Juga : Bengkayang Informasi, Semuanya Ada di Sini Baik Wisata, Kuliner, Budaya dan Informasi lainnya

Pada sambutan tersebut Tjhai Chui Mie Wali Kota Singkawang menerangkan bahwa rangkaian acara ini adalah salah satu momen kebanggaan dan juga sebuah kebahagiaan bagi Kota Singkawang. Dalam sambutannya dia mengucapkan terimakasih kepada PT. Astra Internasional Tbk yang telah memberikan sumbangsih dan dukungan kepada Pemerintah Kota Singkawang, baik dalam perencanaan dan mensponsori hingga berdiri kokoh gerbang Mahligai Pesisir sebagai batas Kota Singkawang dengan Kabupaten Sambas.

Dalam sambutannya ia menjelaskan makna dari Mahligai Pesisir, yang berarti sebuah kemegahan yang ada di wilayah pesisir dan beberapa unsur corak melayu yang melambangkan suatu khas Melayu yang mendominasi wilayah Kecamatan Singkawang Utara dan Masyarakat Kabupaten Sambas yang historis-nya tidak terpisahkan dari kerajaan dan wilayah Kabupaten Sambas pada masa lalu.

"Saya dan seluruh masyarakat Kota Singkawang bersyukur, karena dapat meresmikan gerbang yang megah, saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kapada Bapak Suparno Djasmin dan segenap jajaran PT. Astra Internasional yang telah mendukung dan memberikan bantuan untuk pembangunan gerbang ini" katanya

Baca Juga : Bahasa Dayak Dan Artinya : Bakatik, Banyadu, Bangahe, Bidayuh Kata Ganti Orang

Pada sambutannya pula Ibu Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa Gerbang Mahligai Pesisir adalah salah satu gerbang yang pertama diresmikan dan pengerjaannyapun yang pertama kali dibangun. Harapannya gerbang ini dapat mendongkrak pariwisata dan sebuah icon yang ada di Kota Singkawang, sehingga replika Kota Singkawang sebagai kota tertoleransi di Indonesia dapat disaksikan baik dalam bentuk kehidupan bermasyarakat Kota Singkawang dan icon ini juga jadi saksi sejarah hingga ke anak cucu Kota Singkawang kelak. Serta wisatawan yang berkunjung semakin terpikat untuk datang ke Kota Singkawang.

"Gerbang batas Kota ini merupakan salah satu visi-misi kami bersama Pak Irwan Wakil Wali Kota, dengan tujuan untuk mendongkrak kesejahteraan bersama, tentunya upaya ini merupakan upaya kami menjadikan Kota Singkawang menjadi Kota Wisata yang dapat membantu penghasilan masyarakat Kota Singkawang dan monumen ini diharapkan mampu menjadi daya tarik dan spot foto" imbuhnya

Tjhai Chui Mie berpesan kepada masyarakat Kota Singkawang, secara khusus untuk masyarakat di Kecamatan Singkawang Utara untuk dapat bersama merawat gerbang ini agar dapat dinikmati oleh anak-cucu dan tetap terjaga akan keindahannya.

Pada kesempatan sebelum Ibu Tjhai Chui Mie menyampaikan sambutannya, Satono Bupati Kabupaten Sambas yang juga menghadiri kegiatan tersebut menerangkan bahwa gerbang ini di ambil berdasarkan budaya melayu khususnya budaya Masyarakat Kabupaten Sambas, yang sangat erat kaitannya dengan Kesultanan Sambas sesuai bentuk desain dari gerbang yang dibangun ini.

Dalam sambutannya Satono sangat mengapresiasi serta memberi perhatannya kepada Pemerintah Kota Singkawang yang berhasil negosiasi PT. Kapal Api Tbk sehingga dapat mendukung serta memberikan bantuan berupa dana yang sangat besar, sehingga terbangun indah gerbang yang menjadi kebanggan masyarakat Kota Singkawang dan Masyakat Kabupaten Sambas, secara khususnya masyakat Suku Melayu.

Baca Juga : Gerbang Mahligai Pesisir Batas Kota Singkawang-Sambas Diresmikan

"Saya mewakili masyakat Kabupaten Sambas menyampaikan beribu terima kasih atas dukungan dari PT. Kapal Api Tbk yang telah memberikan bantuannya kepada Masyarakat Kota Singkawang sehingga terbangun monumen megah gerbang yang sangat indah berdiri kokoh diatas batas antara Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas" ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya gerbang ini dapat menjadi pererat hubungan antara masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas, yang menandakan bahwa kaitan ini sangat tidak terpisahkan baik melalui sejarah serta kekeluargaan antara Singkawang, Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Pada kegiatan yang sama Direjtur PT. Astra Internasional yaitu Bapak Suparno Djasminmengucapkan terima kasih dapat berkontribusi bersama Pemerintah Kota Singkawang dan Untuk Masyarakat Kota Singkawang yang telah memberikan kesempatan kepada perusahaanya untuk berkontribusi untuk membangun Gerbang Mahligai Pesisir yang megah ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang dan Pemerintah Kabupaten Sambas untuk dapat mengambil peran pembangunan gerbang yang di beri nama Mahligai Pesisir ini" katanya.

Bapak Suparno Djasmin mangapresiasi kerjasama dan kolaborasi yang dibangun Pemerintah Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan PT. Astra Internasional Tbk untuk membangun gerbang, mulai dari koordinasi perencanaan hingga pada tahap pembangunan gerbang.

“Ketia saya pertama kali mendengar mengenai rencana pembangunan gerbang ini saya kira ini adalah suatu hal yang sangat baik dan harus kami dukung.” katanya.

Dalam sambutannya ia memohon maaf apabila bantuan  dan dukungan yang diberikan perusahaanya kurang maksimal. Ia juga berharap gerbang batas antara Kota Singkawang ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.


Charis Dominggus Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Gerbang Mahligai Pesisir, Sejarah Baru Untuk Kota Singkawang"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel