Riam Batu Timah Perosotan Alam Dan Tempatnya Yang Indah

Riam Batu Timah

Siapa sih tidak mengenali Kabupaten Bengkayang yang daerahnya meliputi wilayah dataran tinggi dan sampai wilayahnya merupakan kepulauan bahkan beberapa daerahnya memiliki daya tarik tersendiri. Seperti contohnya akan kita bahas kali ini merupakan destinasi wisata riam yang mana terdapat Perosotan terbentuk alami plus tempatnya asri menambah daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke sini. Untuk itulah kita akan bahas Riam Batu Timah Perosotan Alam Dan Tempatnya begitu Indah, semoga dengan artikel ini teman-teman dapat menambah tempat destinasi wisata kalau berada di Kabupaten Bengkayang, Selamat membaca.

Bagi sahabat mengenal Bengkayang yang masih belum tahu apa sih itu Riam? Riam merupakan sebutan untuk air terjun dan sebutan ini di gunakan banyak oleh masyarakat kabupaten Bengkayang untuk air terjun. Nah kenapa sih air terjun ini di sebutkan Riam oleh masyarakat Kabupaten Bengkayang, menurut info yang penulis peroleh dari pendapat masyarakat Bengkayang sebutan ini tidak lepas dari suara dentuman air yang mengalir dari atas ke bawah sehingga menyerupai suara dari meriam, oleh karena itu di sebut Riam.

Memang tidak tahu pasti kenapa riam yang satu ini di sebut sebagai riam Batu Timah oleh masyarakat setempat. Memang bagi masyarakat Dayak pada umumnya disetiap memberikan penamaan tempat pasti terdapat history tentang tempat tersebut, tetapi tidak kali ini kita tidak pada topik membahas tentang cerita dari riam batu timah.

Riam Batu Timah tidak lah jauh jaraknya dari Pusat Kota Kabupaten Bengkayang, jika sahabat mengenal bengkayang menuju ke riam batu timah dari pusat kota bengkayang hanya kurang lebih 1 jam sudah sampai di Desa Tiga Berkat, dan 20-30 menit kembali naik ke arah jalan PDAM tepatnya berada di atas bendungan Madi, ya karena jalanya ada beberapa masih belum terlalu bagus adalah beberapa kali sahabat berjalan kaki dan sampai ke riam batu timah.

Riam Batu Timah salah satu objek wisata yang di miliki oleh Kabupaten Bengkayang yang berada di Dusun Madi, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Sementara jika menuju ke Riam Batu Timah hanya 45 Menit dari pusat pasar Kabupaten Bengkayang, bagi yang menggunakan kendaraan roda empat atau mobil harap berhati-hati karena jalan akses menuju Dusun Madi sedikit sulit dan berlubang-lubang, setelah sampai di Dusun Madi Riam Batu Timah ini letaknya di atas Bendungan Madi yang sangat terkenal walau sering di sebut juga riam madi tetapi sebenarnya adalah bendungan yang ada di Dusun Madi.

Air Terjun Batu Timah ini memanglah tidak terlalu tinggi kurang lebih 3 meter, oleh karena lokasinya berada di kaki Gunung Bawang sehingga airnya begitu jernih dan segar yang pastinya ketika sampai paling tidak kaki sudah inigin cepat merasakan airnya, hehehe plus alamnya yang masih asri menambah kesejukan dan dapat membuat ingin berlama-lama untuk sekedar bermain air bahkan sekedar bersantai.

Salah satu kelebihan air terjun Batu Timah ini yaitu batu aliran air tidak curam atau landai dan tidak ada berbatuan tajam, sehingga tidak jarang wisatawan yang berkunjung dapat bermain perosotan.

Air Terjun Batu Timah

Tidak terbayang bukan keindahannya, nah Riam Batu Timah ini memang sering dikunjungi pada saat akhir pekan atau sehari sebelum akhir pekan. Wisatawan yang berkunjung tidak jarang juga berasal dari Kota Pontianak dan daerah lain yang ada di wilayah Kalimantan Barat, memang tujuannya datang ke Riam Batu Timah ini hanya sekedar ingin Mandi, Bakar-bakar (Bakar ayam, ikan, sosis dll), kumpul-kumpul dan hanya sekedar untuk berfoto-foto karena memang tempatnya yang asri membuat backgorund foto alam yang indah. Nah kamu kapan mau ke sini?

Nah Semoga dengan artikel kali ini tentang Riam Batu Timah Perosotan Alam dan Tempatnya yang indah menjadi referensi wisata sahabat Mengenal Bengkayang pada saat merencanakan liburannya. Akhir kata saya ucapan terima kasih, salam sehat

Charis Dominggus Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Riam Batu Timah Perosotan Alam Dan Tempatnya Yang Indah"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel