Berburu Kuliner Bengkayang dan Belanja Di Pasar Tradisional Bengkayang

 

kuliner_bengkayang

Ada yang sudah pernah berbelanja di Pasar Tradisonal Bengkayang atau mungkin bagi sebagian warga/masyarakat Kabupaten Bengkayang masih belum tahu di mana Pasar Tradisional Bengkayang dari judul diatas dapat kita lihat berbagai sayuran atau lauk pauk khas berbagai jualan para pedagang di pasar tradisional bengkayang. Untuk itulah kali ini Mengenal Bengkayang membahas berburu kuliner bengkayang dan belanja di pasar tradisional bengkayang.

Dimana sih Pasar Tradisional Bengkayang? jawaban sampai saat ini ada dua titik tempat berbelanja di pasar tradisional yang ada di bengkayang. Jika sahabat berbelanja di pagi hari sahabat dapat mengunjungi Pasar Teratai yang terdapat diterminal disana para pedagang pasar tradisional hanya menjual barang dagangannya dari jam 03.00 - jam 08.00 dari rentangan waktu itu banyak para ibu-ibu pedagang sayuran tradisional yang diantaranya menjadi kuliner khas bengkayang. Sementara tempat pasar kedua terdapat di Pasar Tengah tepatnya di depan Gedung Pancasila biasanya disini para pedagang hanya menjual pada saat jam sore dari jam 14.00 - Sampai 18.00 tidak kalah dengan di pasar teratai disini juga para pedagangnya menjual berbagai sayuran khas Kabupaten Bengkayang.

Nah sejauh berbicara tentang Pasar Tradisional Bengkayang barang dagangan apa saja sih yang dapat dibeli para sahabat untuk coba memasak atau sekedar mencicipi sayur-mayur dan lauk-pauk kuliner khas bengkayang. ayo coba tebak apa saja? tidak perlu menebak ya sahabat berikut daftarnya

Daun Ubi Tumbuk

Kuliner yang satu ini menjadi tempat pertama dan bisa membuat untuk bergairah saat makan dan siapa sih yang tidak doyan dengan daun ubi. Dengan rebusan/lalapan daun ubi saja sudah mengugah selera, berbeda dengan di Pasar Tradisional yang ada di Kabupaten Bengkayang kali ini para pedagang disini banyak menjual daun ubi yang sudah ditumbuk halus yang pastinya jika dimasak dengan sederhana saja sudah pasti enak sekali dan Daun Ubi tumbuk ini dapat dijadikan berbagai olehan kuliner.

Biasanya para pedagang di pasar tradisional yang ada di Bengkayang daun ubi tumbuk ini sudah dipaketkan langsung oleh pedagang biasanya dibungkus dengan kantong plastik transparan. Harga yang dipatok oleh para pedagang ini bersisar Rp 5.000 an per bungkus

daun_ubi_tumbuk

Pakis/Lemiding/Miding

Siapa sih yang tidak kenal dengan pakis/miding yang merupakan sejenis paku-pakuan yang mana pucuk muda dari lemiding/miding ini dapat dijadikan sayuran, bagi masyarakat suku melayu di Bengkayang, Singkawang, Sambas Secara khususnya miding ini merupakan bumbu pelengkap bubur paddas. Pakis muda yang satu ini memang tidak kalahnya juga untuk dijadikan berbagai olahan sayuran khas tradisional. 

Para pedagang yang menjual miding dipasar tradisional bengkayang mereka sudah membungkusnya dengan daun yang kemudian sudah dipatok harganya, hampir berbagai jenis sayuran yang dijual oleh pedagang tradisonal ini dimulai dari Rp 5.000 an sangat-sangat terjangkau ya sahabat.

makanan_khas_bengkayang

Genjer

Genjer sendiri adalah sejenis tumbuhan kelayan atau mirip dengan eceng yang merupakan tumbuhan yang banyak hidupnya terdapat di rawa, sawah atau pun daerah perairan dangkal masyarakat kabupaten bengkayang banyak memanfaatkannya untuk dijadikan sayur. Sayur genjer seperti apa? 

Daun genjer memiliki cita rasa yang sangat unik sedikit pahit dan bertekstur kenyal. Namun ketika sudah diolah menjadi sayur pastinya dicampur dengan berbagai bumbu kesukaan para sahabat mengenal bengkayang daun genjer ini menjadi makanan yang sangat lezat. 

Sementara itu manfaat genjer sendiri bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan stamina karena kandungan protein yang tinggi terdapat pada genjer, melancarkan sistem pencernaan tubuh bagi sahabat mengenal bengkayang tidak perlu takut untuk mengkonsumsi genjer karena dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan membantu metabolisme tubuh dan mengkonsumsi genjer dapat membuat kadar gula darah menjadi setabil loh

Umbut Lengkuas/Tipo

Tipo adalah tumbuhan umbi-umbian yang biasa hidup di daerah dataran yang lebih tinggi bahkan di daerah dataran rendah juga yang dimanfaatkan sebegai campuran bumbu masakan bahkan biasanya dijadikan sayur oleh masyarakat Kabupaten Bengkayang.

Adapun bentuk dari tumbuhan tipo ini umbi-umbian menyerupai lengkuas, laos ataupun kelawas perbedaanya hanya di bentuk aroma dari tumbuhan tipo ini saja.

Rebung

Rebung merupakan anakan ataupun tunas dari bambu biasanya disebut dengan bambu muda yang tumbuh dari akar bembu yang lebih tua. Tentunya semua kalangan masyarakat pasti tahu apa itu rebung dan bahkan rasanya saja sudah bisa dibayangkan jika dijadikan berbagai masakan tradisonal. Rebung merupakan salah satu sayuran yang sangat digemari oleh banyak orang teksturnya yang renyah kemudian rasanya yang begitu manis dan aroma khasnya begitu terasa.

Di Kabupaten Bengkayang masyarakat dayak sangat kreatif mengolah rebung ini menjadi panganan khas mereka yang paling terkenal namanya Insap Masum, Tace Icat, Tabarong dan semua ini merupakan jenis makanan khas Masyarakat Dayak Kabupaten Bengkayang dengan bahan dasarnya adalah dari Rebung/Insap.

makanan_khas_bengkayang_01

Bawang Kucai/Bawang Kampung

Bawang Kucai salah satu tumbuhan bawang yang mana lebih dikenal sayuran daun dan dapat juga di jadikan tanaman herbal yang menyimpan banyak manfaat kesehatan. Bawang Kucai atau Bawang Kampung ini merupakan makanan yang sangat padat nutrisi rendah kalori tetapi kaya akan nutrisi.

Masyarakat di Kabupaten Bengkayang ketika sudah mulai berladang disetiap ladang garapan mereka pasti ada terdapat bawang kucai/bawang kampung ini karena hampir setiap masyarakat dayak sangat mengemarinya menjadi olahan sayur

Paku Pagok'ng/Paku Barubuk/Pakis Monyet

Paku pagok'ng/paku barubuk merupakan sebutan suku dayak bengkayang untuk pakis monyet biasanya tumbuhan ini tumbuh di hutan-hutan muda yang tekstur tanahnya sedikit kering tetapi rumpun dari pakis ini sangat lebat dan besar yang mana ukuran dari tunas pakis ini saja sudah sangat besar.

Biasanya masyarakat bengkayang manfaatkan tunas pakis ini menjadi sayuran yang sangat lezat dengan melalui proses yang sangat panjang sebelum dijadikan sayur. Ketika sudah menjadi sayur sudah tidak ada lagi lendir yang ada pada pakis ini. Paku Pagokng ini sangat digemari oleh masyarakat bengkayang menjadi olahan sayur. Ketika sahabat berkunjung di pasar tradisional bengkayang pasti banyak kita temui pedagang yang menjualnya dengan harga terjangkau.

kuliner_khas_bengkayang

Keong Mas

Nah sejauh ini kami berharap sahabat mengenal bengkayang masih betah ya dengan ulasannya. Keong mas adalah sejenis siput yang habitatnya di air tawar, kalau di Kabupaten Bengkayang siput ini merupakan hama padi karena keong mas ini sangat suka memakan padi yang baru tumbuh terkadang untuk mengurangi populasinya para petani di bengkayang mengumpulkannya menjadi makanan/lauk dengan testur dagingnya yang empuk, manis membuatnya sangat digemari.

Oleh karena terlalu banyaklah biasanya masyarakat mengumpulkannya atau pun menjualnya di pasar tradisional untuk dijadikan lauk yang digemari, sampai dengan sekarang ini masih belum ada kuliner khas bengkayang yang bahan dasarnya dari keong mas ini. tetapi sangat digemari, jikalau dipasar tradisional bengkayang para pedagang menjualnya perkantong dengan harga Rp 5.000 an saja. Kalau didaerah lain selain bengkayang mereka hanya menjualnya pada saat musiman saja tetapi kalau di Bengkayang setiap hari pasti ada yang menjualnya. Kalau mau yuk ke pasar tradisional bengkayang

keong_mas_kuliner_bengkayang

Tengkuyung Batu/Siput Sungai

Tengkuyung Batu atau yang biasa dikenal dengan siput sungai Viviparidae (Siput Sungai Bahasa Inggris) bahkan biasanya disebut siput misteri yang merupakan keluarga dari Siput Air Tawar.

Tentu masih banyak populasinya di daerah Kabupaten Bengkayang karena hampir semua wilayah kabupaten bengkayang adalah sungai dengan dasarnya berbatuan masih banyak terdapat tengkuyung batu ini di sungai-sungai. Masyarakat kabupaten bengkayang juga sering mengolahnya menjadi panganan pelangkap nasi rasanya yang waduhhaiii menjadikannya memang jarang untuk dijual dipasar tradisional mungkin jika dijual sangat mahal kali ya

Nah sejauh ini mana nih bahan makanan yang menjadi kegemaran sahabat mengenal bengkayang semuanya. seru ya bisa mengenal berbagai kuliner khas dan makanan khas yang ada di Kabupaten Bengkayang. Tentunya penulis berharap artikel berburu kuliner bengkayang dan belanja di pasar tradisional bengkayang ini menjadi obat rindu keluarga yang ada di Kabupaten Bengkayang, Salam Sehat. Sukses untuk kita semuanya

#mengenalbengkayang #catatancharis #charisdominggus

Artikel Serupa : Kuliner Bengkayang Yang Wajib di Coba

Penelusuran terkait :

makanan khas pontianak | Berikut adalah yang termasuk makanan khas daerah Ketapang | makanan khas pontianak | Berikut adalah yang termasuk makanan khas daerah Ketapang | nama kampung di bengkayang | kecamatan sungai raya, kabupaten bengkayang | btn sungai nyamuk bengkayang | kelurahan sanggau ledo | kecamatan di bengkayang | kelurahan di kecamatan bengkayang | desa gersik bengkayang | kecamatan siding kabupaten bengkayang

Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Berburu Kuliner Bengkayang dan Belanja Di Pasar Tradisional Bengkayang"

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel