Menikmati Keindahan Goa Romo Sejajah Bengkayang

Bengkayang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat paling istimewa. Bagaimana tidak mengingat banyak potensi alam dan pertanian yang begitu alami serta masyarakat masih tetap menjaga keaslian alam serta masyarakat masih tetap berpegang pada adat. Untuk itulah tidak salah jika Kabupaten Bengkayang disematkan sebagai Kabupaten Seribu Riam, dengan potensi alam dan wisata yang luas dan indah tentu masih banyak wisata yang masih belum diketahui oleh sebagian kita, bahkan masyarakat Bengkayang secara umum. Tentunya banyak faktor mengapa wisata-wisata Kabupaten Bengkayang masih sangat jauh untuk diketahui oleh banyak orang, yang paling utama adalah infrastruktur untuk akses ke setiap tempat wisatanya. Nah pada kesempatan kali ini Mengenal Bengkayang ingin berbagi informasi tentang wisata Bengkayang dengan cara menikmati keindahan Goa Romo Sejajah Bengkayang.

menikmati_keindahan_goa_romo_sejajah_bengkayang
Sumber : @wisata_kal_bar
Memang bukan Goa Romo saja termasuk objek wisata bengkayang, tentunya masih banyak tempat wisata bengkayang yang menjadi favorit bagi para wisatawan sama seperti kabupaten-kabupaten lainnya di Indoensia. Nah kebetulan kali ini kita akan berbagi cerita tentang wisata bengkayang, wisata apa saja sih yang bisa teman-teman mengenal bengkayang dapat kunjunggi ketika berada di Kabupaten Bengkayang? yang pertama ada riam mabeh bengkayang, riam kuweg bengkayang, pulau randayan, pulau lemukutan, pulau randayan, riam pangar, air terjun atau riam ampang kabupaten bengkayang kalimantan barat, riam pangar. semua tempat wisata ini merupakan wisata kalbar paling favorit tidak kalah dengan wisata singkawang yang mana objek wisatanya telah banyak dikelola dengan baik, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta.

kabupaten_bengkayang_gua_romo
Sumber : @yrijerry

Lebih Dekat Mengenal Goa Romo Sejajah Bengkayang

Goa Romo merupakan salah satu dari semua objek wisata Kabupaten Bengkayang. Terbentuknya Goa Romo ini diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dengan memiliki banyak cerita sejarah baik itu yang dapat kita lihat bahkan sampai cerita dari masyarakat setempat. Goa Romo ini tentunya masih alami dan masih terjaga keasriannya, baik itu hutan di sekitar bahkan bagian dalam goa. Tetapi disayangkan bagian dinding luar goa banyak coretan yang merusak pemandangan serta keindahan goa ini.

goa_romo_gua_romo_sejajah_bengkayang
Sumber : @yrijerry
Jika kita masuk ke dalam Goa ini terlihat dinding-dinding goa dihiasi oleh akar-akar pepohonan yang tumbuh diatas Goa. dan Goa Romo ini memiliki daya tarik tersendiri, karena banyak pemandangan menarik seperti sumber mata air di dalam goa dan dibagian lantai goa terdapat genangan air seperti kolam. Biasanya kolam ini dimanfaatkan pengunjung untuk mandi sekedar menyegarkan tubuh bahkan air didalam goa ini sangat dingin. nah bukan saja air yang dapat kita lihat didalam goa ini, tentunya banyak kehidupan yang dapat kita jumpai didalamnya seperti kelelawar bahkan ada juga burung walet yang dapat kita jumpai.

Lokasi Goa Romo Sejajah Bengkayang

Lokasi Goa Romo sendiri terletak di Dusun Sejajah, Desa Romo, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. jika dari pusat kota bengkayang dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam tergantung kecepatan kendaraan yang dipakai, baik itu menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Setelah teman-teman sampai di daerah Sanggau Ledo, patokan teman-teman adalah AURI (Markas TNI Angkatan Udara) disebelah kanan ada simpang menuju Dusun Sejajah. Nah kalau teman-teman sudah sampai di simpang AURI perjalanan menuju Goa Romo hanya sekitar 400 meter. Hanya saja untuk kelokasi goa hanya dapat diakses dengan melewati jalan tanah tanpa pengerasan.

wisata_bengkayang_wisata_kalbar
Sumber : @irwan_wel
riam_mabeh_wisata_bengkayang_gua_romo_sejajah
Sumber : @_firdausrian
Jika teman-teman berkunjung ke Goa Romo diwajibkan untuk membawa bekal sendiri, dikarenakan di sana tidak ada masyarakat yang menjual segala makanan, minuman. Apalagi jika teman-teman ingin berlama di sana pasti nantinya teman-teman bisa lapar atau pun kehausan. untuk biaya masuk ke goa romo, sampai dengan sekarang ini belum ada biaya tiket masuk yang dipungut oleh masyakat di sana atau free sehingga wisata Goa Romo Sejajah Bengkayang adalah wisata murah Kabupaten Bengkayang.

Peta atau Denah Goa Romo




Nah Bagi mana teman-teman, tertarik untuk berkunjung ke Goa Romo untuk sekedar menikmati keindahan Goa Romo Sejajah Bengkayang. kalau teman-teman berkunjung ke goa dan membawa bekal makanan, tolong sampahnya tidak untuk ditinggal ya, apalagi untuk mencoret-coret dinding Goa. Mari kita jaga dan rawat sehingga anak cucu kita dapat menikmati hal yang sama apa yang kita nikmati saat ini. Tetap Jaga Kesehatan dan berbagi lah kebaikan. Salam
Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

0 Response to "Menikmati Keindahan Goa Romo Sejajah Bengkayang"

Post a comment

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel