Tradisi Yang Terus dijaga Masyarakat Suku Dayak Kabupaten Bengkayang “SIRAK’NG OHE (Antar Batu)”


Tradisi Yang Terus dijaga Masyarakat Suku Dayak Kabupaten Bengkayang “SIRAK’NG OHE (Antar Batu)”

SIRAK'NG OHE, sirak'ng ohe, bengkayang, mengenal bengkayang
SIRAK’NG OHE adalah dua suku kata dalam arti berbeda. yang terdiri dari SIRAK’NG adalah Pecahan dari suatu benda, sedangkan OHE adalah BUAH PINANG Nama Buah yang masyarakat Dayak gunakan dalam berbagai keperluan adat istiadat suku dayak. Jadi SIRAK’NG OHE adalah  Pecahan dari Buah Pinang. Sahabat Mengenal Bengkayang pasti tidak sabar ingin tahu, tentang apasih itu sebenarnya SIRAK’NG OHE. Dari kesimpulan penjabaran diatas dapat di simpulkan SIRAK’NG OHE adalah Pecahan dari Buah Pinang, namun apa fungsinya? bagi masyarakat Dayak Kabupaten Bengkayang. SIRAK’NG OHE  ini adalah simbolik sebuah undangan Hajatan, Baik Berupa Pesta SUNATAN, Pesta PERNIKAHAN dan lain-lain. Dengan tujuan untuk mengumpulkan seluruh Keluarga dan karabat dekat mereka baik yang jauh maupun dekat. Dengan tujuan agar persaudaraan atau kekeluargaan mereka semakin erat.

Masyarakat Kabupaten Bengkayang siapa yang tidak tahu tentang SIRAK’NG OHE. tentu kita semua tahu, tentang sirakng ohe. kegiatan ini biasanya dilakukan sang tuan pesta untuk melakukan hajatan besar dan mengundang sanak pamili baik karabat dekat dan teman-teman maupun kenalan mereka. undangan pesat(hajatan) ini lah berupa pecahan dari buah pinang yang telah matang dan sang pengantar memberikan pesan kepada penerima undangan hajatan, sekalian beritahukan nama tuan pesta, hari, tanggal dan sebagainya dan sambil menyerahkan pecahan pinang kepada orang yang menerima undangan.

Nah itu lah penjelasan tentag SIRAK’NG OHE. Bagai Mana, Sahabat Mengenal Bengkayang? apa Baru Tahu?, atau Mungkin kita baru sadar ya?

Bagi Sahabat Mengenal Bengkayang yang merasa belum tahu, Yuk Kita Berbagi Informasi Kepada Teman dan Sahabat-sahabat lainnya agar kita semua dapat info yang bermanfaat.
Dan Tunggu Bagian II dari pembahasan dari SIRAK’NG OHE, di bagian II Mengenal Bengkayang akan membahas tentang ANTAR BATU yang merupakan sama artinya dengan SIRAK’NG OHE, Namun apa Kaitannya?

Terimakasih, Salam Mengenal Bengkayang, Sukses………

Iklan responsive

Charis Dominggus Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

4 Responses to "Tradisi Yang Terus dijaga Masyarakat Suku Dayak Kabupaten Bengkayang “SIRAK’NG OHE (Antar Batu)”"

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel