PERMAINAN DAERAH, SUKU DAYAK PADA WAKTU TERTENTU

Jenis Permainan :

  •         Kincir Angin (Tampaning)
  •         Gasing
  •         Meriam Bambu
http://mengenalbengkayang.blogspot.co.id/2017/03/permainan-daerah-suku-dayak-pada-waktu.htmlAdilka talino bacuramin ka saruga, basengat ka jubata. Pada kesempatan kali ini saya megangkat topik “Permainan Daerah, Suku Dayak Pada Waktu Tertentu”. Bagi masayarakat suku dayak pada khususnya pasti tidak asing lagi Permainan berupa Meriam Bambu, Gasing dan Kincir Angin(Tampaning). Namun seiring perkembangan jaman Permainan Daerah ini mulai dilupakan bagi masyakat Dayak pada umumnya.
Mengapa permainan ini dimainkan pada waktu tertentu, tentunya semuanya ada manfaatnya bagi masyarakat Suku Dayak. Pada umumnya masyarakat suku dayak merupakan petani oleh karna itu permainan ini semuanya berkaitan dengan pertanian.
Biasanya setiap orang suku dayak pertanian yang paling penting yaitu Berladang yaitu membuka lahan baru biasanya daerah dataran tingi, untuk ditanami padi untuk kebutuhan pokok, setelah membuka lahan baru pada saatnya untuk menyemaikan padi atau menanam padi pada saat itulah Masyarakat suku dayak membuat Kincir Angin(Tampaning) yang di beri suara berdengung untuk memeriahkan penanaman padi. Kincir Angin(Tampaning) ini di buat dengan kayu yang lampung, atau yang ringan, untuk meghasilkan bunyi di tambah pada ujung kincirnya berupa bambu yang menghasilkan suara dengungan. Biasanya Tampaning ini di pasang pada ujung kayu di pinggir ladang bagi suku dayak, saat angin menghembus Tampaning, maka Tampaning tersebut berputar dan menggeluarkan bunyi dengungan.
Setelah penanaman tentulah setiap hasil kerja selama itu membuahkan hasil yaitu memanen padi pada waktu itulah masyarakat suku dayak membuat permainan yang baru yaitu Gasing, tidak tahu pasti semua permainan ini apa manfaatnya, yang pasti semua permainan ini sudah menjadi tradisi suku dayak pada umumnya di daerah Kabupaten Bengkayang. Untuk itu selama memanen padi di ladang masyarakat suku dayak bermain Gasing.


http://mengenalbengkayang.blogspot.co.id/2017/03/permainan-daerah-suku-dayak-pada-waktu.html


Setelah semua padi diladang dipanen tiba saatnya untuk mengucap syukur atas hasil ladang yang telah di panen. Biasanya permainan yang sering dilakukan sebelum upacara syukuran Makan Padi Baru yatu membunyikan Meriam Bambu, untuk menyambut acara makan padi baru yang dilaksanakan setiap kampung pada waktu yang telah di tentukan oleh setiap desa yang telah di sepakati bersama sama, untuk itu semua masyarakat bersuka ria atas hasil panennya.

Baca Juga : Daftar Wisata Bengkayang Terdekat
Baca Juga : Wisata Riam Budi Bengkayang

Baca Juga : Kuliner Khas Bengkayang
Baca Juga : Daftar Hotel di Bengkayang
Iklan responsive

Team MB Hello Nama Ku Charis Dominggus, aku adalah seorang Programmer, Designer Grafis dan juga Hobby Menulis dimedia Blogspot dengan harapan banyak orang tau tentang aku dan banyak hal lainnya

3 Responses to "PERMAINAN DAERAH, SUKU DAYAK PADA WAKTU TERTENTU"

Silahkan Isi Komentar Anda Demi Kemajuan Blog Saya, Semoga Dengan Komentar Anda Saya Mendapatkan Kritik dan Saran Yang Baik Terimakasih

Iklan Atas Artikel